Tuesday 6 March 2018

SPESIFIKASI MESIN FILLING CREAM SEMI OTOMATIS

Kali ini saya akan membuat artikel tentang spesifikasi mesin yang sering digunakan di industri farmasi dan food salah satunya adalah Mesin Filling Cream Tube Semi Otomatis. Bagi anda yang sedang memerlukan atau mencari kebutuhan mesin tersebut bisa anda pelajari dan disesuaikan dengan spesifikasi yang diharapkan mulai dari kapasitas, material, aksesoris sampai dengan kualitas mesinnya. Jika mesin yang anda butuhkan sudah sesuai dengan keinginan bisa anda pesan pada pembuat mesin tersebut.
Berikut salah satu contoh spesifikasi mesin yang sering digunakan sebagai acuan dasar :

1. CONTOH UNIT MESIN



2. FUNGSI MESIN 
Mesin filling Cream adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk proses pengemasan pada sebuah wadah atau kemasan sesuai dengan ukuran dan takaran yang telah ditentukan, misalnya pada kemasan betuk tube, cup, saset dll. namun mesin filling yang akan dibuat spesifikasi disuni adalah untuk kebutuhan filling tube. Mesin filling cream semi otomatis ini memiliki satu nozle sebagai outputnya untuk mengelaurkan product.

Cara kerja mesin ini adalah produk jenis cream yang dimasukan pada hopper (berbahan SS316L) akan di sedot oleh piston volume melalui tutup buka three way valve, saat three way valve terbuka cream masuk menuju ruang piston volume dan outlet akan tertutup sehingga cream tersebut akan masuk pada piston volume, sebaliknya jika piston volume sudah terisi produk cream akan di tekan dan valve input dari hopper akan tertutup kemudian three way valve output akan terbuka dan cream terdorong keluar dari nozzLe masuk pada kemasan tub.

3. SPESIFIKASI MESIN                                                                     

a. Dimensi : WxDxH 1200x700x2160

b. 2 Set Piston Volume ( dipasang bergantian)
- 1 set untuk produk Zegren Gel aromatherapy
  ( Viskositas 12.100 cps )
- 1 set untuk produk Osteokom cream
   ( Visckositas 3.789 cps )
- Kapasitas piston 38-90 ml
- Mudah dilepas pasang

c. Tube diletakan secara manual
- Bisa digunakan untuk 2 tube beda ukuran
- Dimensi tube ∅25 x 84 mm dan ∅35x100 mm
- Kemasan jenis tube Plastik

d. Material :
- Kontak product SS316L
- Non kontak product SS304
- Rangka body mild steel + Cover SS304
- Hopper Double jacket + insulating rock wool
- Tutup hopper SS316L
- Blade mixer SS316L
- Piston Volume SS316L
- Tube Holder bahan nylon

e. Power dan aksesoris
- 1bh gear motor untuk mixer : 1/2HP 220/380V 50Hz
- 1bh gear motor untuk Rotary Tube 1 HP 220/380V 50Hz
- 3 bh Elemen Heater @1000 watt
- Thermocouple
- Unit sealing & Cutting
- 1bh Pneumatic u/ mengangkat  tube dan pengisian
- 1bh penumatik u/ pengeluaran produk
- 1 Set Piston Volume
- 1bh Pneumatik u/ pendorong piston volume
- 1bh Pneumatic u/ buka tutup 3 way valve
- 1bh 3 way valve
- Adjuster volume

f. Panel Control
g. Finishing
- Hopper Inside mirror polish
- Outside hariline polish


4. HARGA MESIN
Untuk harga mesin pastinya akan berpariatif karena sepsifikasi yang diinginkan selalu berbeda dengan kebutuhan setiap pelanggan. Jika anda memerlukan penawaran harga khusus bisa anda hubungi workshop yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak tentang mesin tersebut. Salah satu workshop yang dapat dijadikan referensi untuk membuat mesin dan peralatan farmasi dan food bisa anda jalan jalan ke daerah bandung timur. Disana ada workshop cukup besar yang memiliki peralatan lengkap dalam pembuatan atau perancangan mesin. hubungi kontak kami di alamat email prima.brteknik@yahoo.com atau download penawaran harga disini
  
Sperti itulah contoh spesifikasi secara umum yang dijadikan sebagai acuan dasar. Spesifikasi  kebutuhan diluar itu bisa anda tambahkan atau bisa anda sesuaikan kembali spek mesin yang diinginkan. Sekian dulu postingan dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan mengenai mesin tersebut atau mesin yang lainnya silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Atau untuk konsultasi dan pemesanan bisa anda hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.